Selasa, 12 Oktober 2010

Lingkungan perusahaan

LINGKUNGAN PERUSAHAAN
PENGARUH LINGKUNGAN PERUSAHAAN
Kondisi bisnis banyak berpengaruh pada kehidupan kita. oleh karena itu perusahaan – perusahaan mempunyai beberapa tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia
Istilah tanggung jawab social menunjukan pertimbangan manajemen tentang pengaruh – pengaruh social disamping juga pengaruh ekonomi dari keputusan – keputusannya.
Ini berlaku bagi semua perusahaan tanpa memandang besar,lokasi,atau industrinya,
Tanggung jawab social tersebut mencangkup hal – hal seperti bidang kesehatan, informasi konsumen, praktek tanpa diskriminasi, dan pemeliharaan lingkungan fisik
PENGERTIAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor – faktor ekstern yang menpengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatan.sedangkan arti lingkugan secara luas mencanggkup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu,perusahaan dan masyarakat .faktor – faktor yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan banyak ragamnya, termasuk aspek – aspek ekonomi,politik,social,etika hukum, dan ekologi /fisik dan sebagainya ; masing – masing faktor saling menunjang dan saling mempengaruhi, Factor –fakator yang mempengaruhi perusahaan tersebut adlah luas dan banyak ragamnya,termasuk aspek-aspek ekonomi.

• KESAN NEGATIF TENTANG PERUSAHAAN
Dari pemberitaan pers yang dapat kita ikuti, banyak masalah yang menciptakan kesan negatife tentang perusahaan , antara lain menyangkut yaitu :Penyelewengan pajak,Penyelundupan barang,Penyogokan kepada pejabat pemerintah,Periklanan yang menipu,Kebocoran pabrik yang berbahaya,Pembayaran – pembayaran yang tidak legal dan sebagainya
Kritik terhadap perusahaan tidak hanya terbatas pada pertimbangan ekonomi ,moral,etik dan politik saja ; tetapi juga menyangkut lingkungan fisik ; limbah kimia yang dibuang begitu saja ke sungai, polusi udara meningkat,bahkan belum lama ini dijakarta telah ditemukan bahwa kandungan carbon monoxida dalam air hujan cukup banyak,sehingga Jakarta dianjurkan untuk tidak menggunakan air hujan sebagai air minum.
• USAHA – USAHA UNTUK MEMPERBAIKI KESAN NEGATIFE
Untuk memperbaiki adanya kesan – kesan negatife dari masyarakat terhadap perusahaan ,tentunya perusahaan harus tidak menciptakan masalah – masalah yang negatif serta perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat ( humas ) yang efektif. Kegiatan humas yang baikharus dapat menciptakan komunikasi dua arah yang serasi antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat.
LINGKUNGAN FISIK,ENERGI DAN KONSERVASI
Dari masalah – masalah ekonomi dan social , salah satu masalah yang sulit diatasi dan memerlukan biaya besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik.kasus ledakan pusat listrik tenaga nuklir di unisoviet dan kasus kebocoran pabrik pestisida di bopal india merupakn contoh pencemaran udara yang cukup hebat dengan banyak karbon.
• EKOLOGI
Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungannya
Hal ini terutama disebabkan oleh kombinasi dari 3 faktor
1. Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
2. Perkembangan teknologi baru
3. Semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi.
Hampir semua pihak setuju dengan angapan bahwa kita seharusnya menjaga kondisi lingkungan yang baik secara ekologis ,tetapi pencapaian tujuan ini memerlukan adanya usaha timbal balik yang mungkin tidak selalu kita inginkan. Tujuan ekologis memang sangat penting, tetapi persoalan realnya adalah menyangkut apakah kita dapat mengkoordinir tujuan-tujuan tersebut dengan tujuan sosial dan tujuan ekonomi lainnya.
• Macam – macam polusi

Polusi adalah merupakan pengrusakan lingkungan alam dimana kita hidup dan bekerja.

Macam – macam polusi antara lain :

 Pencemaran udara:dampak dari pencemaran udara adalh penyakit jantung dan pernafasan
 Pencemaran air:dampaknya ialah tangki peresapan dapat merembes masuk ke sumber air,air yang mengandung baktei tidak baik bagi kesehatan badan jika di minum.
 Pencemaran sampah awet:dampaknya ialah banjir,kekumuhan dll.


• ENERGI DAN KONSERVASI
Di Indonesia sumber energi minyak bumi sudah lama digunakan disamping batu bara dan air . kemudian muncul penggunaan gas alam dan akhir – akhir ini sudah mulai dikembangkan penggunaan sumber energi matahari dan kemungkinan nuklir.
Dari sumber energi tersebut kiranya energi matahari dapat memberikan prospek penggunaan yang baik di masa depan mengingat bahaya yang hampir tidak ada, biaya murah dan hampir bebas polusi .
LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN PERPAJAKAN
• ALASAN – ALASAN BAGI MENINGKATNYA PENGELUARAN PEMERINTAH

Pemerintah membiayai pengeluarannya dari hasil pemungutan pajak alasan –alasan bagi pemerintah menaikan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakin meningkat . meningkatnya pengeluaran pemerintah ini merupakan suatu tendensi yang mungkin menyebabkan naiknya pertumbuhan urbanisasi.
• PENERIMAAN DAN PENGELUARAN PEMERINTAH
Apabila pengeluaran lebih besar dari penghasilan maka akan terjadi defisit.
Ada beberapa macam pajak yang dikenakan oleh pemerintah ,antara lain
 Pajak tidak langsung:dapat dikenakan atas barang-barang seperti roko,tembakau,miras,dsb.pajak tersebut dinamakan pajak penjualan (PPN).
 Pajak langsung:pajak pendapatan(PPD), pajak perseroan (PPS)dan pajak deviden
• Lingkungan hukum
Kebiasan – kebiasan ,tradisi , peraturan – peraturan ,konstitusi dan keputusan - keputusan suatu lembaga merupakan sumber dari sistem hukum yang berlaku.
Hukum yang ada di Indonesia dapat dikelompokan dalam :
1. Hukum public:hukum ini menyangkut kepentingan dan keamanan.
2. Hukum privat:hukum ini merupakan hukum yang mengatur tentang kepentingan seseorang dan kelompok.
• Lingkungan pemerintahan
Hubungan antar perusahaan dan pemerintah telah berkembang dari usaha – usaha untuk mengenali dan mengunakan sumber – sumber ekonomi,yang ditunjukan untuk menciptakan kondisi perekonomian yang sehat.
• PERHATIAN PEMERINTAH TERHADAP KEGIATAN USAHA
Pemerintah telah memberikan bantuan dalam kehidupan perusahaan terutama berupa perlindungan atas kekayaan ; pengadaan kontrak dan pemberian paten
• LINKUNGAN INTERNASIONAL
LINKUNGAN INTERNASIONAL ini merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia.
 NERACA PEMBAYARAN INTERNASIONAL
Keadaan perekonomian internasional beberapa Negara ditunjukan dalam neraca pembayarannya
• PERUSAHAAN MULTINASIONAL
Perusahaan - perusahaan multinasional kebanyakan berasal dari Negara – Negara eropa,amerika,dan jepang.pasar yang dikuasainya meliputi beberapa Negara selain Negara sendiri
• KEGIATAN – KEGIATAN MULTINASIONAL
Perusahaan – perusahaan multinasional bertujuan untuk memasarkan produknya tidak hanya ke satu Negara saja tapi ke Negara – Negara lain di dunia.
• Lembaga – lembaga yang membantu perdagangan internasional
Perantara middlemen di bedakan menjadi 4 :
 Export and import commission house:merupakan wakil-wakil dari pembelian
 Merchant exporter and importer:memperoleh penghasilan dalam perdagangan.
 Manufacturer’s export agents:bertindak sebagai departemen atau bagian ekspor
 Export and import brokers:broker atau makelar dalam kegiatan ekspor import.

• PERKEMBANGAN IMPOR DAN EKSPOR INDONESIA
Setiap tahun Sejak 1969 keadaan ekspor Indonesia secara keseluruhan mengalami perkembangan positif dalam nilai dollar.tetapi mulai 1981/1982 keadaan ekspor ini mulai fluktuasi.
Barang – barang yang masuk kategori bukan minyak di kelompokan lagi menjadi
a. Golongan barang utama ,terdiri atas : kayu.karet,timah,minyak,kelapa sawit,kopi,tembakau,teh,dan biji kelapa sawit
b. Golongan barang lain ,terdiri atas : hewan berserta hasilnya , lada,bungkil kopra,kopra,bahan makanan,barang tambang,dll
Nilai impor tanpa minyak mengalami penurunan sejak periode 1982/1983
Impor yang dilakukan Indonesia selama ini meliputi tiga macam golongan yakni :
a. Barang konsumsi antara lain : beras, tepung terigu, tekstil, dll
b. Bahan baku dan penolong,antara lain : cengkeh , bahan kimia , hasil dan preparat kimia ,bahan cat,pupuk,kertas,benang tenun,cambric dan shirting,bahan bangunan,dll
c. Barang modal terdiri atas : mesin – mesin, generator listrik, alat telekomunikasi, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar